Pages

Jumat, 24 Oktober 2014

TULISAN II


EKONOMI INTERNASIONAL
(International Trade)

 
Republic of India

Kemerdekaan dari Britania Raya
Deklarasi 15 Agustus 1947
Republik 26 Januari 1950

Ekonomi India adalah terbesar keempat di dunia dalam PDB, diukur dari segi paritas daya beli (PPP), dan salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. India, negara dengan sistem demokrasi liberal terbesar di dunia, juga telah muncul sebagai kekuatan regional yang penting, memiliki kekuatan militer terbesar dan memiliki kemampuan senjata nuklir.

India memiliki ekonomi yang berada dalam urutan ke-10 dalam konversi mata uang dan ke-4 terbesar dalam PPP. Dia memiliki rekor ekonomi dengan pertumbuhan tercepat sekitar 8% pada 2003. Dikarenakan populasinya yang besar, namun pendapatan per kapita India berdasarkan PPP hanya AS$3.262, berada di urutan ke-125 oleh Bank Dunia.

Ekonomi India dulunya banyak tergantung dari pertanian, namun sekarang ini hanya menyumbang kurang dari 25% dari PDB. Industri penting lainnya termasuk pertambangan, petroleum, pengasahan berlian, film, tekstil, teknologi informasi, dan kerajinan tangan.

Tahun-tahun belakangan ini, India telah muncul sebagai salah satu pemain terbesar dalam perangkat lunak dan business process outsourcing, dengan pendapatan sekitar AS$17,2 miliar pada 2004-2005.

Partner perdagangan utama India termasuk Amerika Serikat, Jepang, Republik Rakyat Tiongkok dan Uni Emirat Arab.

Ekspor utama India termasuk produk pertanian, tekstil, batu berharga dan perhiasan, jasa perangkat lunak dan teknologi, hasil teknik, kimia, dan hasil kulit sedangkan komoditas impornya adalah minyak mentah, mesin, batu berharga, pupuk, kimia.


Berikut ini adalah grafik Cross Section dan Time Series negara India berdasarkan data Worldbank :
Data from database : World Development Indicators
Last Updated : 09/24/2014



Kesimpulan yang di dapat diambil berdasarkan data yang sudah disusun pada grafik Cross Section (periode tahun 2009-2013) dan Time Series (periode tahun 2013) bahwa :
  • Tingkat impor barang dan jasa masih lebih besar jumlah nya dibandingkan dengan tingkat jumlah ekspor barang dan jasa ke Negara lain.
  • Negara India masih termasuk Negara yang mempunyai tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap Negara lain untuk memenuhi kebutuhan negaranya lewat impor.
  • Berdasarkan data pada grafik Cross Section memunjukkan bahwa dalam peiode 5 tahun Negara India selalu berusaha untuk mengurangi tingkat ketergantungan impor. Terlihat pada periode 2011-2012 bahwa jumlah impor Negara India tidak mengalami kenaikan jumlah, bahkan pada periode 2012-2013 terlihat penurunan untuk jumlah impor, sementara untuk ekspor selalu terlihat peningkatan untuk 5 periode tersebut. 


1 komentar:

  1. Sepertinya impor terbesar negara india itu wiski.

    Semiskin apapun rakyatnya, sangat suka minum wiski

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About