Pages

Kamis, 01 Mei 2014

[TULISAN II] PROPOSAL KEGIATAN PENSI



PENTAS SENI
"MUSIK DAN SENI"
UNIVERSITAS BEKASI


I. LATAR BELAKANG

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman kebudayaan yang terlahir dari suku-sukunya. Hal ini menjadi tanggung jawab kita sebagai generasi muda untuk melestarikannya karena jika tidak akan berdampak terhadap kebudayaan Indonesia sendiri dimana kebudayaan yang ada sekarang akan punah bahkan akan diklaim oleh negara lain. Ditambah lagi budaya asing yang masuk ke Indonesia semakin memperparah keberadaan kebudayaan Indonesia. Banyak generasi muda yang mulai bergaya kebarat-baratan dan meninggalkan budaya sendiri yang padahal budaya sendiri jika dikembangkan dan dilestarikan tidak kalah menarik dengan budaya asing tersebut.

Berkaitan dengan kebudayaan Indonesia yang beragam menciptakan kesenian yang beragam pula. Hal ini ditandai dengan banyak bermunculan macam-macam kesenian yang semakin berkembang dengan kreatifitas bernilai tinggi yang diciptakan dari generasi muda seperti band, seni grafis, seni peran, dan lain-lain. Namun, ironisnya pada kenyataannya perkembangan kreatifitas ini tidak banyak diketahui oleh generasi muda dimana banyak survei yang menyatakan bahwa generasi muda saat ini hanya sedikit yang tahu tentang kesenian daerahnya sendiri sedangkan kebanyakan generasi muda lainnya adalah sebaliknya.

Oleh sebab itu, hal tersebut menjadi salah satu perhatian kami selaku panitia pensi untuk menyelenggarakan sebuah pagelaran pentas seni yang berwawasan kesenian dan pendidikan.

PENSI (Pentas Seni) adalah sebuah pagelaran kreatifitas mahasiswa yang memadukan berbagai unsur kesenian dan unsur  pendidikan yang digabungkan dalam sebuah pagelaran hiburan yang menarik. Melalui PENSI mahasiswa dapat belajar bagaimana mengapresiasikan diri dalam seni, selain itu  melalui pensi mahasiswa dapat melatih keorganisasian dan memanage sebuah kegiatan.

Universitas Bekasi  merupakan salah satu perguruan tinggi yang menjadi barometer perguruan tinggi yang ada di Bekasi dalam bidang akademik. Hal ini mendorong kami untuk menyeimbangkan aspek akademik  dengan kesenian karena pada masa kini, kesenian adalah hal penting yang harus dilestarikan dan dikembangkan mengingat minimnya generasi muda yang tahu akan kesenian. Oleh karena itu kami panitia Pentas Seni berencana untuk melaksanakan sebuah pagelaran kreatifitas yang memadukan antara kesenian , pendidikan dan hiburan yang diolah menjadi sebuah pagelaran kreatif yang berorientasi kepada edukasi yang dinamakan Musik dan Seni.

II. TUJUAN KEGIATAN
  1. Untuk menjadikan kegiatan pentas seni ini sebagai wadah kreatifitas yang positif bagi mahasiswa
  2. Untuk memperkenalkan kegiatan kreatifitas mahasiswa Universitas Bekasi
  3. Untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian daerah Bekasi
  4. Untuk mempromosikan pihak sponsor
III. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Hari/Tanggal  : Sabtu, 7 Juni 2014
Tempat            : Aula Universitas Bekasi
Pukul                : 08.00–selesai


IV. ACARA KEGIATAN
  1. Pentas Musik, merupakan rangkaian utama dalam pagelaran Musik dan Seni. Pentas musik ini akan diisi oleh band bintang tamu dan band Universitas Bekasi. Pada acara ini bintang tamu akan di pilih melalui poling oleh masyarakat sehingga mahasiswa dan masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam acara ini.
  2. Pameran Kesenian Tradisional. Sesuai dengan tujuan utama untuk melestarikan kesenian daerah, pada acara ini akan diselenggarakan pameran kesenian daerah. Acara pameran kesenian daerah ini akan menghadirkan kesenian dan budaya yang berasal dari daerah Bekasi.
  3. Modern Dance Competition, merupakan salah satu acara yang akan diperlombakan dalam event ini. Pesatnya perkembangan modern dance di kota Bekasi, memberikan space khusus dalam acara ini kepada para mahasiswa untuk berlomba menunjukan kebolehannya dalam bidang tari modern.
  4. Speech Contest Competition, merupakan sebuah kompetisi dalam bidang bahasa Inggris. Diharapkan dengan adanya perlombaan ini, mahasiswa dituntut untuk berprestasi di bidang akademik khususnya bahasa Inggris.
  5. Art Competition. Sesuai dengan tema dari acara ini yang mengusung unsur art dalam pensi ini, maka akan diperlombakan perlombaan desain dan fotografi. Semua karya yang terkumpul dalam lomba ini akan dipamerkan pada sebuah galeri yang akan dibuat pada saat acara berlangsung.
  6. Blog Competition. Perkembangan penggunaan internet yang berkembang dengan pesat dikalangan pelajar membuat panitia mengadakan lomba blog competition agar para blogger dapat mengapresiasikan karyanya lebih kreatif lagi sehingga penyalahgunaan penggunaan internet akan lebih berkurang dan membuat mahasiswa cerdas dengan internet.
V. PELAKSANA KEGIATAN

BEM Fakultas Ekonomi Universitas Bekasi Periode 2013/2014



VI. PESERTA KEGIATAN

Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa Universitas Bekasi dan peserta yang berada di wilayah Bekasi serta masyarakat umum dengan usia antara 14-20 tahun. Diperkirakan peserta dan penonton acara akan sebanyak 100-500 orang.

VII. ANGGARAN BIAYA


No
Nama Barang
Harga Satuan
(Rp.)
Kebutuhan (Buah)
Total Harga
(Rp.)
1
Spanduk
300.000
1
300.000
2
Baligho
500.000
1
500.000
3
Id Card Panitia
5.000
27
135.000
4
Seragam Panitia
50.000
27
1.350.000
5
Tiket
1.000
700
700.000
6
Dekorasi
1.000.000
1
1.000.000
7
Konsumsi
5.000
700
3.500.000
8
Sewa Kursi
500
700
350.000
Jumlah Kebutuhan Dana
7.835.000

VIII. SUSUNAN KEPANITIAAN

Pelindung

Rektor Universitas Bekasi, Prof. Dr. E.S. Irriyanti, SE., MM



Penasihat

Pembantu Rektor III Universitas Bekasi, Risa Sarah, SKom., MMSi
Pembantu Dekan III Universitas Bekasi, Dr. Dede Saripah, SE., MMSi

Penanggung Jawab
Presiden BEM Fakultas Ekonomi Universitas BekasiYunan Wardana
Koordinator BEM FE Bekasi, Vicky Anggraeni
Ketua Pelaksana                     :  Katrin A.L Tobing                              
Sekretaris                                :  Elizabeth Tia Anggraini                                             
Bendahara                               :  Lydia Tamara      

IX. PENUTUP

Demikian proposal kegiatan Pentas Seni "Musik dan Seni"  ini kami susun sebagai dasar pelaksanaan kegiatan. Keberhasilan kegiatan ini sangat membutuhkan bantuan dan peran serta dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami mengharapkan kerjasama semua pihak untuk mendukung kelancaran acara ini. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.          
                                                                                                                       Bekasi, 20 Mei 2014



           Ketua Pelaksana                                                                                         Sekretaris


       Katrin A.L Tobing                                                                     Elizabeth Tia Anggraini 



Mengetahui,
  Presiden BEM Fakultas Ekonomi 
 Universitas Bekasi


Yunan Wardana

2 komentar:

  1. Terimakasih untuk sharing postingnya ya min.
    Postingannya sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Jasa Sewa Genset Syncronize untuk keperluan berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, atau event lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger.

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About