Pages

Kamis, 10 November 2011

Tugas II Ilmu Budaya Dasar (Budaya Makanan Khas Manado "Ayam Rica-Rica")


Sulawesi Utara , Manado
Kota Manado adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara . Kota Manado seringkali disebut sebagai Menado . Motto Sulawesi Utara adalah Si Tou Timou Tumou Tou , sebuah filsafat hidup masyarakat Minahasa yang dipopulerkan oleh Sam Ratulangi , yang berarti  "Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain" atau "Orang hidup untuk menghidupkan orang lain". Dalam ungkapan bahasa Manado , sering kali dikatakan  "Baku beking pande" yang secara harafiah berarti "Saling menambah pintar dengan orang lain".


Makanan khas
Makanan khas dari Kota Manado antara lain , Tinutuan yang terdiri dari berbagai macam sayuran . Tinutuan bukanlah bubur, sebagaimana selama ini orang mengatakannya sebagai bubur Manado. Selain Tinutuan , terdapat Cakalang Fufu yaitu ikan cakalang yang diasapi , ikan roa, Paniki (masakan dari kelelawar) dan RW (er-we) yaitu masakan dari daging anjing , babi Putar (1 ekor babi dibakar dengan cara diputar di atas bara api), biasanya dihidangkan di pesta-pesta , Babi Isi Bulu (terbuat dari daging babi yang diramu dengan bumbu-bumbu khas manado dan dibakar di dalam bambu) . Terdapat juga minuman khas dari daerah Manado dan sekitarnya yaitu "saguer" yaitu sejenis arak atau tuak yang berasal dari pohon enau . Saguer ini memiliki kandungan alkohol , Cap Tikus (minuman beralkohol tinggi dari proses fermentasi) . Makanan khas kota Manado lainnya yang juga cukup terkenal adalah nasi kuning yang cita rasa dan penyajiannya berbeda dengan nasi kuning di daerah lain. Selain itu ada juga masakan kepala ikan kakap bakar. Dabu-dabu adalah sambal khas Manado yang sangat popular , dibuat dari campuran potongan cabe merah , cabe rawit , irisan bawang merah dan tomat segar yang dipotong dadu dan terakhir diberi campuran kecap . Untuk makanan ringan , Manado juga punya makanan khas sejenis asinan yaitu gohu dan es kacang . Gohu dibuat dari irisan buah pepaya yang direndam dalam larutan asam cuka , gula , garam , jahe dan cabe . Selain itu ada juga kue seperti lalampa (lemper berisi ikan cakalang yang diisi dalam segumpalan beras ketan dan dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar) , panada (sejenis roti goreng berisi ikan cakalang dan dibentuk dengan pilinan pada bagian tepinya), apang , kolombeng , panekuk , biapong (babi , wijen , "unti" (terbuat dari kelapa)) . Dan yang tidak ketinggalan adalah , nasi jaha yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan , jahe , bawang merah dan lain-lain , kemudian dimasukan ke dalam bambu lalu dibakar .


Sulawesi utara (Manado) terkenal sebagai daerah nyiur melambai , tempat dimana banyak terdapat kopra , yaitu bahan baku pembuatan minyak kelapa . Sulawesi utara yang dikenal sebagai Minahasa dan Kawanua adalah penghasil kopra terbesar di Indonesia . Walaupun Manado terkenal dengan kopra (pohon kelapa) , ragam masakannya jarang sekali menggunakan bahan santan .
Sulawesi utara dikelilingi oleh dua laut dalam , yakni laut Sulawesi di sebelah utara dan laut Maluku di sebelah selatan  yang terkenal dengan hasil tangkapan ikan yang melimpah , sehingga Minahasa dikenal dengan kuliner ikannya .
Selain itu , makanan khas Manado sangat terkenal dengan pedasnya bila menyentuh lidah . Bumbu yang khas dari Manado yakni rica-rica dan dabu-dabu , rica atau rica-rica yang berarti cabe atau lombok . Cabe yang sudah dihaluskan juga disebut rica atau rica-rica . Sedangkan dabu-dabu yang berarti sambal . Rica-rica adalah jenis masakan Minahasa yang paling popular karena selain lezat juga mudah dibuat . Di Jawa  banyak sekali ditemukan permutasi dari masakan jenis rica-rica . Sepintas , masakan rica-rica sangat mirip dengan
bumbu balado kuliner Minang
. Bumbunya praktis hanya cabe merah digiling , bisa
juga dicampur dengan cabe rawit supaya lebih pedas
, ditambah bawang
putih
, bawang merah ,dan ditambah sedikit minyak . Rica-rica merupakan bumbu yang paling cocok untuk apa saja yang dibakar atau digoreng. Ayam , ikan , bahkan tempe bakar atau goreng pun jadi tambah nikmat bila dilumuri rica-rica .
Di Minahasa
, biasanya sambal tidak diulek seperti di daerah-daerah lain , tetapi hanya dirajang . Dalam bahasa Minahasa , rajang adalah lilang . Karena itu banyak yang menyebutnya secara lengkap , yaitu dabu-dabu lilang atau dabu-dabu iris. Bahan utamanya adalah caberawit , tomat hijau , dan bawang merah dirajang , dikucuri perasan lemon
cui
, ditambah sedikit garam. Dari keterangan rica-rica , ayam rica-ricalah yang menjadi salah satu makanan khas Manado , Sulawesi Utara  . Resep untuk membuat ayam rica-rica sangat beragam , begitu pula cara memasaknya , persamaannya hanya  pada rasanya yang pedas . Ayam rica-rica biasa disajikan dengan nasi dan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan mentimun .
Berikut adalah resep ayam rica-rica :


Resep Ayam Rica-Rica (Manado)

BAHAN :
§  1/2 ekor ayam broiler, potong menjadi 8 bagian
§  200 ml air

BUMBU HALUS :
§  4 siung bawang putih
§  12 buah cabai merah keriting
§  2 cm jahe
§  1 sdt garam

BUMBU LAINNYA :
§  4 siung bawang merah diiris tipis
§  1 lembar daun pandan
§  2 batang serai dimemarkan
§  3 lembar daun jeruk purut
§  1/2 buah jeruk nipis ambil airnya

CARA MEMBUAT :
1.  Tumis bawang merah, serai dan daun pandan hingga harum
2.  Masukkan bumbu yang dihaluskan dan daun jeruk, aduk hingga bumbu matang
3.  Masukkan ayam aduk hingga berubah warna. Tambahkan air, kecilkan apinya. Tutup wajan dengan rapat, masak hingga kuahnya mengering sambil sesekali diaduk, angkat
4.  Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata, sajikan
Selamat Mencoba


Kesimpulan
Sulawesi utara , Manado terkenal dengan daerah nyiur melambai , yaitu daerah banyak terdapat kopra , yakni bahan pembuat minyak kelapa . Walaupun terkenal dengan kopra Sulawesi utara , Manado jarang sekali membuat masakan dengan bahan dasar santan tetapi terkenal dengan masakannya yang pedas menyentuh lidah salah satunya adalah ayam rica-rica  makanan khas Sulawesi utara , Manado . Rica-rica atau rica yang berarti cabai atau pedas .
SUMBER : WIKIPEDIA (http://en.wikipedia.org/wiki/Manado)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About